Posted by: jeantee | December 1, 2007

Kawasan Gempol

Daerah yg terletak di tengah2 jalan Diponegoro, Bahureksa, Sultan Agung Tirtayasa dan Trunojoyo ini merupakan bagian dari kota lama Bandung, kayanya salah satu pemukiman penunjang Gedung Sate, secara letaknya yg emang deketan bgt ama tempat itu…

Di sini sih Top-nya Kupat tahu Gempol yg ada di dkt pasar gempol, si kupat tahu ini emang dah beken lah..so need no more introduction.

but, my favorit dr kawasan ini adalah Roti Gempol, home made bakery tempo dulu yg tanpa additif deh, bentuknya pun sederhana bgt..tp rasanya tak tergantikan hehehe… dengn harga rata2 3500 rp berbagai rasa roti dapat dinikmati…ada yg manis kaya roti coklat, kacang, jagung dan sejenisnya, trus yg asin2 berkeju dan rasa kopi ada jg roti tawar putih ato biasa en gandum..ato kalo pengen schoottel tinggal pesen ajah…di jamin makyuss…(tag line-nya om bondan niy…)

trus ada juga warung nasi yg nyedia-in masakan2 siap santap, letaknya deketan ama warung kupat tahu, top deh..ada sate ayam bumbu kuning..trus masakan rumahan laen getu deh…yg perlu diinget..kalo ga salah warung ini hari juma’t tutup…

satu lagi adalah toko kue dan roti lily pattiserie di jalan sultan agung ato pas pintu masuk jl gempol…kalo toko ini mah black forrest-nya yg enak hehehe…

so rute jajan di gempol itu adalah;

kalo masuk dr gang kecil sebelah manulife jl diponegoro, masuk gang setelah keluar gang akan ada jalan Gempol Wetan dan gempol Kulon, pilih Gempol Kulon..di sebelah kanan ada rumah tua dr kayu..antik bgt deh…I always stop for a while di depan rumah itu hehehehehe… ntar ada belokan ke kiri dan jalan yg lurus terus, kalo belok kiri di rumah bercat ijo muda adalah roti gempol kalo lurus trus belok kiri ada kupat tahu gempol.

kalo masuk dr sultan agung setelah lily pattiserie, pertama kali masuk gempol akan ketemu warung kupat tahu, trus belok kiri krn emang kalo dr sultan agung itu satu jalur…trus ikutin jalan belok kanan nemu deh si roti gempol hehehe..

Advertisements

Responses

  1. Walah, ieu mah daerah urang atuh, “baheula”

    ada beberapa lagi yang enak di gempol,

    di toko cahaya no 1, dan di warungnya si Apih dibelah utara toko cahaya sebelah kanan pas belokan. Ada pindakas asli, bumbu kacang untuk roti ini rasanya ga ada duanya, biasanya digabung ama roti gempol n coklat ceres yg made in bandung. selain itu di toko cahaya juga masih ada jajanan “kremes” tau kan, makanan dari ubi yg dipotong kecil2 ky mie, trus digoreng pake gula merah. jadinya makanan berbentuk lingkaran berwarna coklat agak keemasan.

    trus dulu, walaupun sekarang pengen tetap nyobain, “bubur ayamnya”, biasanya nongkrong didekat warung si Apih, bubur ayam ini biasa banget tapi ga kalah ama bubur ayam mang OYO. kt penjualnya sih masih kerabat. walaupun ga sekental bubur mang OYO, tapi murah banget lah, dan cukup gurih dengan sambelnya yg maknyuus.hehhee

    maaf sepertinya ini harus direvisi:
    “kalo masuk dr sultan agung setelah lily pattiserie”

    harusnya : “kalo masuk dari jalan sultan tirtayasa

  2. Thanks Aru buat komen-nya. After I recheck ke gempol sambil liat toko cahaya itu emang bener harusnya Jl Sultan Tirtayasa…so selama inih I salah nyebut hehehe..pokonya di otak teh kalo mu ke gempol dari trunojoyo masuk sultan agung belok kiri hehehe….padahal sultan agung mah di bawah dr dago belok kiri yg ada aloysius hehehehe

  3. Eh, mana lagi ya tempat makan enak di Bandung? Nanti kalo balik ke Indonesia, mau hunting makanan enak ke seluruh Indonesia ah. Di Malaysia sini, kari lagi kari lagi, teu ngeunah.

  4. wahh…kyknya itu daerah akrab banget ya..soalnya sy udh 3 kali kesana…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: